Friday, April 28, 2006

Benchmarking Situs Direktori Indonesia

Benchmarking Situs Direktori Indonesia

Portal direktori (directory) merupakan salah satu isi (content) di internet yang sangat penting. Karena portal seperti ini merupakan petunjuk arah (guide) para peselancar internet untuk menemukan situs maupun informasi yang dibutuhkan.

Portal Direktori yang yang terkenal antara lain Google.com, Yahoo.com, Licos.com, Catcha.Com dll. Portal-portal yang tersebut memuat direktori internet internasional. Selain itu ada pula portal direktori internet yang spesifik mendaftar situs-situs Indonesia atau yang berhubungan dengan Indonesia saja. Seperti misalnya searchindonesia.com (non aktif), satuportal.com, catcha.co.id, seribusatu.com, incari.com (non aktif) dll.

Kami sebagai pengelola salah satu portal direktori khusus Indonesia, mencoba mengukur dan membandingkan seberapa besar kekayaan data portal-portal direktori tersebut terhadap data website internet khusus Indonesia atau yang berhubungan dengan Indonesia. Kami memilih 5 buah portal besar yaitu : Google.com (kanal direktori), Yahoo.com, Catcha.co.id, dan dua portal ditektori khusus Indonesia yaitu : Satuportal.com dan Seribusatu.com.

Agar hasil pengukuran tersebut mendekati obyektif kami melakukan hal sebagai berikut :

1. Memilih 25 kata populer secara acak sebagai keyword pencarian. Kata-kata tersebut harus kata yang sedapat mungkin hanya dipakai dalam bahasa indonesia. Hal ini kami lakukan agar portal internasional yang ikut kami uji yaitu Google.com dan Yahoo.com hanya menampilkan isi (content) yang berhubungan dengan Indonesia saja. Kata atau keyword yang terpilih adalah : bandung, surabaya, makanan, minuman, toko buku, wirausaha, pembangunan, wisata, iklan, kesehatan, surga, pesantren, gereja, pendidikan, arsitektur, kalimantan, jawa, wayang, kedutaan, budaya, mancing, gunung, sepak bola, renang, pabrik.

2. Masing-masing keyword digunakan untuk melakukan pencarian pada ke 5 portal yang diuji. Portal yang menampilkan hasil pencarian terbanyak (peringkat 1) diberi nilai 5, kemudian peringkat kedua diberi nilai 4, dan seterusnya sampai yang berada di peringkat paling bawah diberi nilai 1. Tetapi jika portal tersebut hasil pencariannya 0 diberi nilai 0.

4. Hasil penilaian masing-masing portal dijumlah. Portal yang nilainya paling tinggi merupakan portal yang paling kaya akan isi direktori yang berhubungan dengan Indonesia.

5. Pengujian dilakukan pada waktu yang sama yaitu tgl. 11 Januari 2006 Jam 09:00 s/d 12:00 WIB.

6. Walaupun sebagai penguji, kami juga pemilik salah satu portal yang diuji, tetapi kami tidak melakukan setting apapun yang mengarah agar portal kami mendapat nilai besar.

Dari pengujian dengan ketentuan tersebut diatas didapatkan hasil sbb :

Ranking 1    : Seribusatu.com   (nilai 117)
Ranking 2    : Google.com        (nilai 101)
Ranking 3    : Catcha.co.id       (nilai 82)
Ranking 4    : Yahoo.com         (nilai 28)
Ranking 5    : Satuportal.com   (nilai 23)

Jika menghendaki data detail hasil pengujian, silahkan hubungi kami di :
info@seribusatu.com.

Salam, Andana
(Humas Seribusatu.com)


1 Comments:

At 9:07 PM, Blogger yitnoku said...

boleh ni dfi cobain.........

 

Post a Comment

<< Home