Thursday, October 15, 2009

[Film] Gung Ho

Gung Ho memang hanya sebuah film lama yang dibintangi oleh Michael Keaton, Gede Watanabe dan Mimi Rogers. Bercerita tentang sebuah pabrik mobil di AS yang bangkrut kemudian di "perjuangkan" oleh Hunt Stephenson (diperankan oleh Michael Keaton) untuk dihidupkan kembali dengan mencoba menarik investor dari Jepang.

Ceritanya mulai mengalir ketika 2 budaya kerja versi Jepang dan versi Amerika bertemu. Budaya kerja orang-orang Jepang yang sangat disiplin, workaholic, loyalitas buta pada perusahaan yang menjadikan orang seperti robot dan hampir tidak mempunyai kehidupan sosial dan keluarga. Bagaimana jika kemudian bertemu .. (bentrok) dengan budaya kerja orang-orang Amerika yang kasual, kurang disiplin, tetapi memiliki kehidupan sosial yang cukup hangat, dengan orientasi pada kehidupan keluarga ?

Budaya kerja mana yang terbaik ?
Mungkinkah kedua budaya kerja tersebut di sinergikan ?
He he .. tonton sendiri saja filmnya .. asyik, lucu dan cukup menghibur kok filmnya !

Gung Ho sendiri kalau tidak salah artinya adalah : sama-sama baik. Dan kemudian didefinisikan lebih spesifik sebagai upaya untuk membangkitkan motifasi dan semangat kerja karyawan.

Konon di Kuba, Gung Ho ini diterapkan dengan membacakan tiap hari berita-berita dari koran resmi partai komunis Kuba. Di Indonesia lain lagi, konon ada sebuah perusahaan besar di sini yang menerapkan Gung Ho dengan selalu memperdengarkan ceramah-ceramah agama, bacaan Al-Quran, dan juga lagu-lagu pop pemicu semangat, seperti lagunya AB Tree "Terus Berlari".

Konon pula sebuah buku Gung Ho karya Ken Blanchard dan Sheldon Bowles telah terbit dalam bahasa Indonesia dan telah tersedia di toko buku. Seperti apa isinya ? Maaf belum baca bukunya

Smg, 2-Okt-09, Andana (penikmat film)

1 Comments:

At 11:27 AM, Blogger Andana said...

Ketika tulisan diatas saya post ke milist internal di kantor, diluar dugaan banyak teman yang penasaran tentang Gung Ho, ujung-ujungnya pak GM malah mengusulkan diadakan "Full Packet" mengexplorasi Gung Ho, dimulai dari NoBar (nonton bareng) film Gung Ho, Sharing dari pelaku Gung Ho, dan diakhiri dengan bedah buku Gung Ho.

 

Post a Comment

<< Home